nah sambilngeblog juga nonton TV online asik juga,jadi selamat menikmati ya kawan...

Rabu, 18 Agustus 2010

NASA Mencari Planet Alien dengan Teleskop Rp14,5 T

sponsor


Teleskop luar angkasa NASA senilai US$1,6 miliar (Rp 14,5 Triliun) akan bisa menangkap materi gelap, dan mengidentifikasi planet mirip bumi beberapa dekade mendatang.

Seperti dikutip dari Telegraph, Wide-Field Infrared Survey Telescope (WFIRST) menjadi prioritas bagi astronom ataupun astrofisikawan luar angkasa.

Berdasarkan studi 2 tahun, teleskop yang berukuran 1,5 meter ini akan diluncurkan pada tahun 2020 dan menjadi generasi teleskop paling mengagumkan.

Ilmuwan mengatakan teleskop ini akan mengorbit pada titik gravitasi stabil. Teleskop ini menargetkan pencarian planet baru yang bisa didiami di alam semesta, serta menguji batas fisika dasar.

Teleskop ini juga akan mencari jawaban atas pertanyaan dasar soal proses energi gelap dan keberadaan planet di luar sistem tata surya. “Ini terkait dengan apa yang kita cari beberapa dekade lalu dan para ahli dengan percaya diri mengharapkan penemuan baru,” kata Roger Blandford dari Stanford University, California.

“Teleskop ini merupakan kekuatan baru untuk mengamati alam semesta dan pemahaman secara keseluruhan,” kata Blandford lagi.

NRC, sebagai bagian dari National Academy of Sciences telah meminta ahli astronomi dan fisikawan melakukan pengecekan 100 rencana NASA dalam mencari nilai ilmiah terbaik. Tindakan ini untuk mengurangi risiko, biaya dan masalah teknis.

Teleskop baru ini akan berbasis pada desain kerja sama NASA dan Departemen Energi Amerika Serikat. Proyek tersebut bernama Joint Dark Energy Mission.

Rencana ini pernah diumumkan pada 2003 dan direncanakan akan dmulai pada 2009, namun gagal karena masalah biaya
sponsor

Artikel yang berkaitan



Comments :

0 komentar to “NASA Mencari Planet Alien dengan Teleskop Rp14,5 T”

Posting Komentar

 

Recent Comment

Powered by FeedBurner The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Add to Google Reader or Homepage TopOfBlogs blog-indonesia.com
Tuker Link Yuk..
icom tukar klink

free counters

Followers

Copyright © 2009 by Blog Kang Setia
Themes : Kang Setia

Template : Kang Setia | Blog Tutorial