nah sambilngeblog juga nonton TV online asik juga,jadi selamat menikmati ya kawan...

Kamis, 13 Agustus 2009

Membuat Bingkai Untuk Sebuah Tulisan Atau Gambar

sponsor

Ada beberapa sobat blogger yang mungkin belum tahu cara membuat bingkai (kotak) pada tulisan. Atau mungkin ada yang sudah tahu tapi tidak tahu bagaimana membuat tulisan dalam bentuk script HTML di dalam kotak tersebut. Atau mungkin juga sudah tahu tapi belum mengerti benar akan perintah-perintah yang ada karena hampir di setiap artikel mengenai bingkai ini tidak diberikan penjelasan yang memadai sehingga cukup menyulitkan bagi blogger pemula untuk memahaminya. Nah, mungkin tulisan ini akan berguna untuk mengatasi “ketidaktahuan” tersebut (Lagi-lagi sok tauk nih, hehe...).

Ada tiga jenis kotak yang biasa dipakai untuk membingkai sebuah tulisan, yaitu: border, overflow (biasanya disebut kotak scroll), dan textarea. Tentu saja ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda. Nah, untuk mengetahui itu semua, berikut akan dijelaskan satu persatu mengenai bingkai tersebut.


Border


Seperti namanya, border berarti bingkai yang membatasi tulisan/gambar yang berada di dalamnya. Dan untuk membuatnya kamu tinggal mengkopi script berikut:

<div style="border: 1px solid #CCC; margin: 10px 0px; padding: 10px; width: auto; height: auto; background-color:#FBFBEE; text-align: left;">TULISAN YANG KAMU INGINKAN</div>

Keterangan:
  • Border: 1px solid #CCC, berarti ketebalan garis (border) adalah 1px dengan warna abu-abu (mengenai kode warna dapat dilihat di Adobe Photoshop atau CorelDraw).
  • Margin: 10px 0px, berarti margin atas-bawah 10 px dan margin kiri-kanan 0 px.
  • Padding: 10px, berarti jarak tulisan ke border adalah 10px.
  • Perintah auto pada width dan height supaya lebarnya mengikuti lebar kolom yang tersedia, sedangkan tingginya mengikuti isi (tulisan/gambar) yang dimasukkan kedalamnya. Kamu bisa merubah perintah auto kedalam bentuk pixel, misalnya: 100px.
  • Background-color:#FBFBEE, berarti kotak berwarna gading. Jika ingin dihilangkan warnanya, ganti kode #FBFBEE dengan none atau hapus perintah background-color berikut kode warnanya.
  • Text-align: left, berarti tulisan dalam bentuk rata kiri. Jika kamu ingin mengubahnya, ganti saja left-nya dengan right, center, atau justify (rata kanan = right, rata tengah = center, dan rata kiri-kanan = justify).
Untuk semua perintah tersebut kamu bisa mengubahnya sesuai dengan selera kamu.

Overflow

Overflow berarti tulisan yang melebihi media yang tersedia. Ada tiga perintah dalam overflow, yaitu scroll, hide, dan auto. Jika scroll yang digunakan maka tulisan yang melebihi media akan dibuatkan scroll. Jika hide, maka tulisan yang melebihi media akan disembunyikan. Dan jika auto, maka tulisan yang melebihi media akan dibuatkan scroll dan sisanya akan disembunyikan.
Untuk membuatnya kamu tinggal mengkopi script berikut:

<div style="overflow:auto; border: 1px solid #CCC; margin: auto; padding: 3px; width: 95%; height: 100px; background-color: none; text-align: left;">TULISAN YANG KAMU INGINKAN</div>

Keterangan:
  • Jika tulisan tersebut melebihi lebar (lebarnya 95% dari lebar container) yang tersedia dan tingginya melebihi 100px maka akan dibuatkan scroll dan sisanya akan disembunyikan.
  • Perintah-perintah tambahan pada overflow ini mirip dengan perintah-perintah pada border sehingga untuk memahaminya bisa dilihat pada keterangan border.

Textarea

Textarea berarti kotak yang melingkupi daerah text itu berada. Untuk membuatnya kamu tinggal mengkopi script berikut:

<textarea rows="5" cols="50">TULISAN YANG KAMU INGINKAN</textarea>

Keterangan:

Pada textarea tidak menggunakan width dan height (lebar dan tinggi) tetapi menggunakan rows dan cols (baris dan kolom) untuk menyatakan lebar dan tinggi areanya. Tetapi akibatnya akan sama dengan overflow, yaitu akan dibuatkan scroll dan disembunyikan jika text melebihi area baris dan kolom yang ditentukan.
Pada script di atas menunjukkan 5 baris dan 50 kolom. Dengan demikian tulisan yang melebihi 5 baris dan/atau melebihi 50 kolom akan disembunyikan.

Menulis Kode Script Dalam Bingkai

Untuk menuliskan kode script kedalam bingkai, kamu harus melakukan encoding terlebih dahulu, karena jika tidak akan dianggap sebagai perintah bukan sebagai teks. Seperti < harus ditulis &lt;, > harus ditulis &gt;, " harus ditulis &quot;, dll.
Untuk melakukan encoding terhadap script yang akan dijadikan teks, kamu bisa mengunjungi situs centricle.com.

Selamat mencoba...Kang Setia
.
sponsor

Artikel yang berkaitan



Comments :

4 komentar to “Membuat Bingkai Untuk Sebuah Tulisan Atau Gambar”

Tutorial desain grafis mengatakan...
on 

ok deh saya coba... tq

kang setia mengatakan...
on 

opke dah..coba pasti mantab...heheeee

Arie'' mengatakan...
on 

trimakasih, infonya sangat membantu...


http://trojandecoder.blogspot.com/

Anonim mengatakan...
on 

KALAU MENGGUNAKAN IMAGE/GAMBAR SEBAGAI BACKGROUND-NYA BAGAIMANA CARANYA? MAKASIH

Posting Komentar

 

Recent Comment

Powered by FeedBurner The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Add to Google Reader or Homepage TopOfBlogs blog-indonesia.com
Tuker Link Yuk..
icom tukar klink

free counters

Followers

Copyright © 2009 by Blog Kang Setia
Themes : Kang Setia

Template : Kang Setia | Blog Tutorial